IBX59210191C95E4 Peran Orang Tua, Penting untuk Kendalikan Alergi Anak - Sarehat Blog's

Peran Orang Tua, Penting untuk Kendalikan Alergi Anak

Alergi adalah situasi di mana sistem imunitas seseorang bereaksi pada substansi yang masuk ke dalam tubuh secara tidak wajar, meskipun substansi tersebut biasanya tidak membahayakan hidup orang tersebut. Ini adalah hal yang sering terjadi terutama pada anak-anak, ketika sistem imunitas mereka masih berkembang. Namun hati-hatilah, jika Anda sebagai orang tua tak kendalikan jenis alergi mereka, maka bisa jadi ini akan semakin parah.


Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk mengontrol alergi yang dimiliki pada anak adalah menghindari sumber dari alergi tersebut, yang juga disebut dengan allergen. Meski hal ini terdengar mudah dan sangat jelas, namun pada prakteknya, Anda akan cukup kesulitan. Terutama kalau Anda tak tahu persis alergi apa yang dimiliki anak. Jika ternyata makanan allergen tersebut sangat sering ditemui pada bahan makanan lain, misalnya susu, maka tugas Anda akan semakin berat.

Selain menghindarkan anak Anda dari sumber alergi, Anda juga bisa membantunya dalam mengontrol alergi tersebut dengan membantunya dalam hal ini:

·         Memberikan anak obat untuk alergi secara teratur sehingga simptomnya cepat mereda atau bahkan tak terjadi sama sekali, apalagi ketika mereka baru saja makan makanan yang Anda tak tahu kandungannya.
·         Selalu membawa epipen yang bisa membantu meredakan gangguan pernapasan karena alergi sehingga tak menjadi lebih parah.
·         Selalu membaca bahan-bahan pembuatan untuk makanan yang ada di supermarket maupun restoran, untuk memastikan tak ada makanan yang mengandung allergen di dalamnya.
·         Simpan jurnal untuk mencatat segala perkembangan tentang alergi anak, dari kapan itu terjadi, pemicunya, gejala yang terjadi, berapa lama gejalanya, dan apa saja yang membuatnya reda.
·         Memastikan anak tetap mendapatkan nutrisi lengkap meski tak bisa makan makanan allergen. Contohnya susu. Berikan susu SGM Soya jika anak Anda alergi susu sapi.


Sebagai orang tua, Anda adalah garda depan untuk mengenal ciri-ciri penyakit alergi dengan cara konsultasi ke dokter alergi anak anda. Kalau Anda rajin melakukan semua hal di atas, maka alergi yang akan dialami anak Anda akan terkontrol dengan baik, dan bahkan bisa semakin berkurang setelah dia dewasa. Anda juga bertanggung jawab untuk memberikannya petunjuk cara menangani alergi semakin dia dewasa.

No comments

Powered by Blogger.