IBX59210191C95E4 Imatinib atau Glivec - Sarehat Blog's

Imatinib atau Glivec



Imatinib adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jenis kanker tertentu (seperti lymphoblastic leukemia akut, myeloid leukemia kronis, tumor gastrointestinal stroma, dan penyakit myelodysplastic/myeloproliferative). Imatinib bekerja dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker (tumor). Ia juga bekerja dengan menyebabkan sel kanker mati.
Gunakan obat ini melalui mulut dengan makan dan segelas air penuh (8 ons/240 mm), biasanya sekali atau dua kali setiap hari atau seperti petunjuk dokter Anda. Jangan hancurkan tablet. Pabrikan Amerika Serikat merekomendasikan kalau Anda memiliki masalah menelan satu tablet, Anda dapat melarutkan obat dalam gelas air atau jus apel. Jumlah cairan akan berbeda tergantung pada obat Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk instruksi detail lebih lanjut. Aduk campuran dengan baik sampai tablet larut, dan segera minum.

Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis berdasarkan ukuran tubuh. Jangan tingkatkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering dari yang diresepkan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, dan risiko efek samping serius bisa meningkat.

Hindari makan buah grapefruit atau minum jus grapefruit saat menggunakan obat ini kecuali dokter atau apoteker bilang Anda dapat melakukannya dengan aman. Grapefruit bisa meningkatkan kesempatan efek samping obat ini. Tanyakan dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Karena obat ini dapat menyerap melalui kulit dan paru-paru dan mungkin membuat panas bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hami atau yang akan hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini maupun menghirup serbuk dari tabletnya.
Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis
Myeloid leukaemia kronis
Dewasa: Fase kronis: 400 mg setiap hari, ditingkatkan ke 600 mg setiap hari atau minta 400 mg. Fase percepatan atau ledakan krisis: 600 mg setiap hari, ditingkatkan ke 400 mg ditawar sesuai kebutuhan.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%.
Lymphoblastic leukaemia akut
Dewasa: 600 mg setiap hari dengan induksi, konsolidasi, atau pengembangan kemoterapi.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%
Sebagai monoterapi saat kambuh atau refraktori lymphoblastic leukemia akut
Dewasa: 600 mg setiap hari dengan induksi, konsolidasi, atau pengembangan kemoterapi.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%.
Penyakit Myelodysplastic
Dewasa: 400 mg setiap hari. Untuk sindrom eosinophilic: Mulai dengan 100 mg setiap hari pada pasien dengan FIP1L1-platelet-pertumbuhan yang berasal dari faktor reseptor-perpaduan kinase, dapat ditingkatkan ke 400 mg jika responsnya cukup.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%.
Sindrom Hypereosinophilic
Dewasa: 400 mg setiap hari. Untuk sindrom eosinophilic: Mulai dengan 100 mg setiap hari pada pasien dengan FIP1L1-platelet-pertumbuhan yang berasal dari faktor reseptor-perpaduan kinase, dapat ditingkatkan ke 400 mg jika responsnya cukup.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%.
Dioperasi, tumor stroma gastrointestinal ganas metastatik
Dewasa: 400-600 mg setiap hari.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%.
Mastocytosis
Dewasa: 400 mg setiap hari. Mulai dengan 100 mg setiap hari jika ada hubungan dengan eosinophilia.
Kerusakan hati: parah: kurangi dosis 25%
Dermatofibrosarcoma protuberans
Dewasa: ditawar 400 mg.
KerusakanhHati: parah: kurangi dosis 25%.
Efek samping :
Efek samping apa yang dapat dialami karena imatinib?
Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping serius ini:
demam, menggigil, tubuh sakit, gejala flu
mudah memar, pendarahan tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik ungu atau merah di bawah kulit
bengkak, berat badan naik cepat, merasa sesak nafas (meski dengan tenaga ringan)
pup berwarna hitam, berdarah, atau lambat keluar
mual, sakit perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin gelap, pup berwarna pucat, penyakit kuning (kulit atau mata menguning)
batuk berdarah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
nyeri pinggul, darah dalam urin
jarang buang air kecil atau tidak sama sekali
mati rasa atau kesemutan di sekitar mulut
otot lemah, kaku, atau kontraksi, refleks berlebihan
detak jantung cepat atau lambat, nadi lemak, merasa sesak nafas, bingung, pingsan
reaksi kulit parah – demam, sakit tenggorokan, bengkak pada wajah atau lidah, mata terasa terbakar, sakit kulit, diikuti kemerahan atau keunguan ruam kulit yang menyebar (khususnya di wajah dan tubuh bagian atas) dan menyebabkan melepuh dan terkelupas
Efek samping kurang serius bisa termasuk:
mual ringan atau sakit perut, muntah-muntah, diare
keram otot
nyeri sendi atau otot
sakit kepala, merasa lelah
hidung pengap, sakit sinus
Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

No comments

Powered by Blogger.