IBX59210191C95E4 Manfaat Minyak Telon - Sarehat Blog's

Manfaat Minyak Telon

Seolah sudah tradisi, mengoleskan minyak telon usai bayi dimandikan menjadi kebiasaan yang tidak pernah dilupakan kaum ibu di Indonesia. Minyak telon tersusun atas komponen minyak kayu putih (Oleum cajuputi), minyak adas (Oleum foeniculi), dan minyak kelapa (Oleum cocos). Komposisi ketiga minyak yang seimbang ini ternyata menyimpan khasiat tersendiri.




Tiga kandungan minyak
Kandungan minyak kayu putih dalam minyak telon bermanfaat memberikan sensasi rasa hangat pada tubuh bayi. Namun, efek minyak telon tidak sekuat minyak kayu putih konvensional yang biasa digunakan untuk orang dewasa. Minyak telon lebih lembut dibandingkan minyak kayu putih karena telah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
Minyak adas dikenal mempunyai aroma yang khas. Minyak ini diyakini dapat membantu mencegah perut kembung dan merangsang sistem metabolisme dalam tubuh agar lebih aktif. Dengan kata lain, minyak ini dapat mendukung kesehatan tubuh bayi dari luar.
Lain halnya dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa memang cukup banyak. Teksturnya yang lembut membuat minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut, tetapi juga kulit. Berkat minyak kelapa, kulit menjadi halus dan terjaga kelembabannya.
Terlepas dari perannya sebagai bahan campuran minyak telon, minyak kelapa dikenal mampu menangkal virus dan jamur. Minyak kelapa murni juga bisa dijadikan sebagai pengganti body lotion. Bahkan, minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi masalah-masalah iritasi dan gangguan kulit pada bayi seperti ruam popok atau dermatitis.
Dengan ketiga kandungan minyak dalam minyak telon, manfaatnya pun semakin lengkap. Minyak telon dikenal mampu menghangatkan tubuh bayi, menangkal kembung, menimbulkan perasaan yang nyaman, dan mencegah bayi dari sejumlah gangguan kulit.

Untuk kulit sensitif
Aroma minyak telon yang khas juga menjadi semacam aromaterapi tidak hanya untuk bayi tetapi juga ibu dan orang-orang mencium aromanya. Minyak telon mempunyai wangi yang tidak sekuat minyak kayu putih, tetapi ada sensasi rempah yang hangat di dalamnya. Biasanya pemakaian minyak telon disertai dengan pijatan lembut ibu pada bayi. Pijatan ini membuat bayi merasa nyaman dan dekat dengan sang ibu.
Namun, jika kulit bayi tergolong sensitif, sebaiknya Anda hindari atau kurangi pemakaian minyak telon. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk merawat kesehatan kulit bayi

No comments

Powered by Blogger.